Xavi Hernandez Mundur, Barcelona Diminta Ambil Langkah Gila Rekrut Lionel Messi Jadi Pelatih

Xavi Hernandez Mundur, Barcelona Diminta Ambil Langkah Gila Rekrut Lionel Messi Jadi Pelatih

Jakarta – Barcelona mendapat saran mengejutkan menyusul pengumuman mundurnya Xavi Hernandez dari kursi pelatih klub. Eks pesepak bola asal Inggris, Danny Murphy, menyarankan Blaugrana merekrut megabintang Lionel Messi sebagai manajer baru.

Seperti diketahui, Barcelona memang terpaksa kehilangan juru taktiknya pada pengujung kampanye 2023/2024. Xavi memutuskan angkat kaki dari kursi panas tim raksasa Catalan lantaran gagal mengantar skuad racikannya tampil menjanjikan sepanjang musim ini.

Barcelona diketahui sudah kehilangan potensi meraih dua trofi usai kalah dari Real Madrid di final Piala Super Spanyol pertengahan Januari, serta disingkirkan Athletic Club dengan 2-4 di perempat final Copa Del Rey, Kamis (25/1/2024) lalu.

Sementara itu di kompetisi LaLiga, peluang Barcelona menyerobot ke peringkat teratas klasemen juga terbilang tipis sebab mereka masih tertahan di urutan 4 serta terpaut 8 poin dari Girona yang menguasai puncak tabel.

Situasi tersebut tak ayal membuat Xavi Hernandez memilih untuk meninggalkan jabatannya di klub Spanyol. Padahal, juru taktik berusia 44 tahun sempat dianggap sebagai penyelamat masa depan Barcelona ketika menghadapi situasi sulit.

Lionel Messi Jadi Suksesor?

Beberapa nama pun mulai dikaitkan dengan Blaugrana menyusul mencuatnya kabar kepergian Xavi. Juru taktik Brighton & Hove Albion Roberto De Zerbi hingga manajer Arsenal Mikel Arteta sempat digadang-gadang berpotensi menduduki kursi pelatih Barca.

Namun, eks pemain Liverpool Danny Murphy menilai ada sosok lain yang layak meneruskan kiprah Xavi menukangi Barcelona musim depan. Dia adalah megabintang Argentina Lionel Messi, yang juga dikenal sebagai legenda di klub raksasa Catalan.

“Saya akan memberikan (posisi manajer) kepada Messi, para penggemar akan langsung mendukung ini,” ucap Murphy kepada talkSPORT, seperti dilansir dari Football Transfers.

“Segala sesuatu yang disentuhnya berubah menjadi emas. Dia (Messi) diciptakan di bumi untuk melakukan hal-hal yang luar biasa,” sambung mantan pesepak bola berusia 46 tahun.

Barcelona Nyaris Mustahil Datangkan Messi

Sayangnya secara realita, saran Danny Murphy nyaris mustahil diwujudkan Barcelona. Selain karena Messi belum memiliki pengalaman manajerial, bintang Piala Dunia 2022 juga masih aktif berkiprah sebagai pemain.

Selanjutnya Di Pttogel

Football Transfers mengungkap Lionel Messi bahkan terikat kontrak dengan Inter Miami hingga pengujung 2025. Pesepak bola kelahiran 1987 juga sama sekali tak menunjukkan tanda-tanda rela melepaskan kehidupan barunya di Florida untuk saat ini.

Messi Tak Berniat Jadi Pelatih

Lebih lanjut, Messi pernah menyatakan dirinya memang belum punya pikiran untuk meneruskan karier sepak bola dengan menjadi pelatih.

Walau begitu, sang pemain nampaknya tak seratus persen menutup kemungkinan akan peluang tersebut, mengingat dia sempat menggarisbawahi jalan hidup Zinedine Zidane dalam pernyataannya.

“Saya sebenarnya tidak berniat menjadi pelatih, tetapi (Zinedine) Zidane pernah bilang begitu dan setelahnya dia menjadi pelatih yang memenangkan gelar Liga Champions tiga kali,” ucapnya kepada Star+, dikutip dari Football Transfers.