Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Erick Thohir Pastikan Bakal Terima Bonus

Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Erick Thohir Pastikan Bakal Terima Bonus

Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Timnas Indonesia bakal menerima bonus usai lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu juga menekankan adanya hadiah tambahan yang akan diberikan seandainya skuad racikan Shin Tae-yong mampu tembus ke 8 besar.

Sekadar informasi, skuad Garuda memang sukses mencatat sejarah tampil di fase knock-out untuk pertama kalinya sepanjang keikutsertaan dalam kompetisi Piala Asia.

Hasil itu mengantar Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berhak melesat lewat jalur peringkat tiga terbaik, mendampingi Yordania, Palestina, dan Suriah. Timnas Indonesia mengantongi 3 poin di klasemen Grup D berkat kemenangan atas Vietnam di laga kedua.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong selanjutnya bakal menghadapi misi maha berat di fase 16 besar Piala Asia 2023. Timnas Indonesia sudah ditunggu Australia dalam laga yang dihelat di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024).

Dari segi rangking, Australia jelas merupakan lawan tangguh bagi Timnas Indonesia. Socceroos tak hanya berpengalaman tampil di kancah Asia, tetapi juga sudah mentas di panggung dunia lewat gelaran Piala Dunia FIFA.

Erick Thohir Sudah Siapkan Bonus

Kendati demikian, Ketua Umum PSSI Erick Thohir nampaknya tak ingin Timnas Indonesia langsung menciut. Pasalnya, dia bersedia memberi bonus tambahan apabila anak-anak asuh Shin Tae-yong berhasil tembus ke fase 8 besar.

“Ya kalau (lolos) 16 besar kan sudah ada bonusnya. (Kalau tembus) 8 besar, ya ada lagi,” ucap Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (26/1/2024).

“Kan yang enak itu. Jadi jangan bicara bonus dulu, bicara prestasi. Alhamdulillah bonus (akan diberikan),” pungkas dia.

Jangan Cepat Berpuas Diri

Secara teknis, capaian tembus ke 16 besar sejatinya sudah memenuhi target Timnas Indonesia. Walau begitu, Erick Thohir berharap skuad Garuda tak cepat berpuas diri. Dia optimistis Merah Putih masih bisa memberi kejutan tambahan di Piala Asia 2023.

“Sava rasa Australia bukan tim yang tidak diperhitungkan. Rankingnya juga jauh. Akan tetapi, permainannya berbeda dengan Jepang dan Korea. Kita jug sekarang punya banyaj pemain yang sudah berlaga di Liga Inggris ataupun di Liga Belanda. Mungkin secara match-up pertandingan, lebih bisa saling mengimbangi,” ucap Erick Thohir.

“Kalau Jepang kemarin, kita lihat sistem permainan luar biasa, disiplin di segala lini. Ya kita coba lah. Dan ini kembali saya bilang sama tim, jangan berpuas diri, sudah 16 besar lalu sudah. Ya tidak (demikian). Kita harus kasih yang terbaik. Siapa tahu ada kejutan-kejutan dari Indonesia,” tandasnya.