Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Diharapkan Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Diharapkan Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen tuntas pada pertengahan Maret mendatang.

Dengan begitu, kedua pemain diaspora itu diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia dijadwalkan menghadapi Vietnam pada 21 dan 26 Maret mendatang.

“Yang pasti kami bersama dengan Pak Sekjen (Yunus Nusi) dan Pak Arya (Exco PSSI) akan mengurus proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa tuntas pada pertengahan Maret ini, sehingga mereka bisa tampil saat melawan Vietnam. Itu dulu (pemain) yang dinaturalisasi,” kata Erick di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Erick sudah mengadakan pertemuan dengan Thom. Gelandang bertahan itu memiliki darah keturunan Indonesia dari kakeknya asal Solo dan neneknya dari Sulawesi.

Thom tampil reguler bersama SC Heerenveen sejak bergabung pada Januari 2022. Pada musim ini, pemain berusia 28 tahun tersebut itu telah mencatatkan 13 penampilan bersama SC Heerenveen di Liga Belanda.

Sementara Ragnar Oratmangoen biasa menjadi penyerang atau pemain sayap Fortuna Sittard dengan status pinjaman dari Groningen. Dia memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang asal Maluku.v

Proses Naturalisasi Pemain Lain

Selain kedua pemain tersebut, sejumlah nama lain diketahui juga sudah menjalani proses naturalisasi. Salah satunya adalah kiper FC Dallas Martees Paes.

Seperti diketahui, mantan pemain FC Utrecht tersebut mempunyai darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang merupakan orang Maluku.

Erick Thohir mengungkapkan Maarten telah meminta izin kepada nenek dan kedua orang tuanya untuk membela Indonesia. Keputusan naturalisasi yang diambil dari pemain berusia 25 tahun tersebut membuat mereka terharu dan bangga .

Selengkapnya Di Cvtogel

“Ketika dia (Maarten) ketemu nenek dan orang tuanya untuk pamitan memperkuat tim Indonesia, nangis (terharu) keluarganya. Jadi dia memutuskan untuk memperkuat (timnas Indonesia),” ungkap Erick Thohir.

Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia

Sebelumnya dua calon pemain Timnas Indonesia yakni Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On juga mendapat persetujuan dari DPR untuk naturalisasi. Jay sudah mengambil sumpah menjadi WNI, Januari silam.

Sementara Nathan berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya Swansea City.