Shin Tae-yong Akui Absennya 3 Pemain Bawa Dampak Negatif ke Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam

Shin Tae-yong Akui Absennya 3 Pemain Bawa Dampak Negatif ke Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui skuad racikannya bakal merasakan efek negatif sebagai buntut dari absennya tiga pemain bertahan saat menghadapi Vietnam.

Seperti diketahui, pasukan Merah Putih memang tidak akan diperkuat Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Yance Sayuri dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra The Golden Star.

PSSI melaporkan trio penggawa mengalami cedera yang memaksa mereka batal ambil bagian dalam pertandingan. Padahal, duel kali ini menjadi momen penting buat kebangkitan skuad Garuda setelah gagal memetik kemenangan di dua laga pembuka.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun mengakui ketidakhadiran ketiga pemain bakal berdampak negatif pada skuadnya. Pasalnya, Jordi, Elkan, dan Yance dipastikan tak hanya absen di laga pertama, tetapi juga di duel tandang melawan Vietnam.

Walau begitu, juru taktik asal Korea Selatan optimistis pemain yang tersisa mampu tampil maksimal di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Apalagi skuad Garuda sudah mengantongi modal bagus dengan menang atas lawan yang sama di fase grup Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu.

“Jordi, Yance, Elkan mereka tidak akan bermain untuk pertandingan berikutnya (di SUGBK). (Saat bertandang ke) Vietnam pun sama,” ucap Shin Tae-yong dalam sesi latihan di Stadion Madya, GBK, Senin (18/3/2024).

“Pastinya akan ada dampak negatif (dari absennya ketiga pemain), tetapi saya percaya dengan pemain-pemain yang ada di sini, pasti kami bisa menunjukkan yang terbaik,” tambah dia.

STY Sudah Panggil Pengganti

Dengan ketiadaan Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah merekrut pengganti untuk ikut memperkuat skuadnya.

Uniknya, STY tidak memilih untuk mendatangkan pemain belakang, tetapi merekrut gelandang serang Arema FC, Arkhan Fikri, ke Skuad Garuda.

Alhasil total ada 26 nama yang resmi masuk Skuad Garuda untuk laga Indonesia vs Vietnam. Mayoritas sudah berkumpul di Jakarta sejak Minggu (17/3/2024).

Selengkapnya Di Angkaraja

Baru 22 Pemain Hadir

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, baru 22 pemain yang hadir di sesi latihan resmi perdana Timnas Indonesia pada Senin (18/3/2024) malam WIB.

Terdapat empat nama yang belum bergabung, yakni Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On, ditambah satu pemain yang baru dipanggil Shin Tae-yong.

“Memang belum lengkap kita harus tunggu ada beberapa pemain lagi (yang akan bergabung),” ucap Shin Tae-yong kepada awak media.

Adapun Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024) pukul 22.30 WIB. Setelahnya, skuad Garuda bakal gantian bertamu ke My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024).