Barcelona Cari Pengganti Xavi, Pep Guardiola Rekomendasikan Satu Nama dari Liga Inggris

Barcelona Cari Pengganti Xavi, Pep Guardiola Rekomendasikan Satu Nama dari Liga Inggris

Jakarta Klub raksasa LaLiga Barcelona tengah berburu pelatih baru untuk menggantikan posisi Xavi Hernandez. Eks manajernya, Pep Guardiola, pun merekomendasikan satu nama dari klub Liga Inggris yang dinilai cocok menduduki kursi panas Blaugrana.

Seperti diketahui, juru taktik tim raksasa Catalan memang sudah mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada Januari lalu. Xavi Hernandez hanya bakal menukangi Barca sampai pengujung kampanye 2023/2024, meski kontraknya semula berlaku hingga 2025 mendatang.

Keputusan sang pelatih meninggalkan Barcelona tak lepas dari performa anak-anak asuh musim ini. Xavi boleh dikata kurang berhasil membawa Blaugrana tampil menjanjikan di berbagai kompetisi.

Robert Lewandowski dan kolega tercatat sudah kehilangan kans meraih dua trofi lantaran kalah dari Real Madrid di final Piala Super Spanyol serta disingkirkan Athletic Club di perempat final Copa Del Rey.

Sementara itu di ajang LaLiga, Barcelona cuma mampu menduduki peringkat 3 klasemen sementara dengan perolehan 57 poin dari 26 pertandingan, tertinggal 9 angka dari Real Madrid yang menghuni puncak tabel.

Kandidat Pelatih Barcelona

Buntut dari situasi tersebut, Barcelona mulai dikaitkan dengan sejumlah pelatih papan atas untuk menjadi kandidat suksesor Xavi Hernandez.

Beberapa nama digadang-gadang masuk dalam radar incaran tim raksasa Catalan, mulai dari Thomas Tuchel yang segera meninggalkan Bayern Munchen hingga pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Nama Hansi Flick juga ikut dipertimbangkan, dengan laporan di Radio Catalunya beberapa waktu lalu mengeklaim Presiden Barcelona Joan Laporta telah menjadikan eks pelatih Jerman dan Bayern sebagai pilihan pertamanya.

Sementara itu, pemberitaan Football Transfers baru-baru ini mengungkap Barca turut melakukan pendekatan pada juru taktik Timnas Portugal Roberto Martinez, yang sempat nyaris diangkut ke Camp Nou pada 2021 silam.

Rekomendasi Pep Guardiola untuk Barcelona

Mantan pelatih Blaugrana Pep Guardiola sampai turun tangan memberi saran calon pelatih yang cocok menukangi klub raksasa Spanyol. Pria yang kini bertugas di Manchester City itu merekomendasikan Roberto De Zerbi sebagai kandidat juru taktik anyar untuk menggantikan Xavi.

Melansir pemberitaan Metro, Joan Laporta konon memang berkonsultasi dengan Guardiola terkait hal ini. Dia meminta pendapat pada pria berusia 53 tahun, yang juga pernah mengecap kesuksesan saat menukangi Barca.

Selengkapnya Di Pttogel

Laporta nampaknya cukup menghargai rekomendasi Pep Guardiola. Laporan yang sama mengungkap, bos Barcelona kini terus mencermati perkembangan Brighton & Hove Albion di bawah asuhan De Zerbi selama sisa muim 2023/2024.

De Zerbi Masih Fokus di Brighton

Sayangnya, Roberto De Zerbi sementara ini belum menunjukkan tanda-tanda tergoda pindah ke Barcelona. Pelatih berusia 44 tahun menegaskan dirinya masih fokus memikirkan Brighton lantaran masih terikat kontrak dengan klub Liga Inggris.

“Yang saya pikirkan hanyalah Brighton. Saya ingin menyelesaikan musim ini dengan cara terbaik, (meski) tidaka bisa bermain dengan semua penggawa karena March dan Mitoma harus menyudahi musim lebih cepat,” ungkap De Zerbi kala ditanya soal masa depannya.

“Akan tetapi untuk para pemain lainnya, saya ingin mencoba membayar lewat Julio Enciso, Joao Pedro. (Kami ingin) bersaing dan mencoba memenangkan pertandingan sebanyak yang kami bisa.”

“Saya punya kontrak (di Brighton), dan sampai sekarang saya belum memutuskan apa-apa. Pikiran saya tertuju pada Brighton, 100 persen,” tambahnya, seperti dilansir dari Metro.