Live Report Vietnam vs Indonesia: Misi Garuda Mencuri Angka

Live Report Vietnam vs Indonesia: Misi Garuda Mencuri Angka

Jakarta – Timnas Indonesia dan Vietnam kembali bentrok pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kali ini pertandingan berlangsung di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

Pada duel pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024), Timnas Indonesia menang 1-0 berkat gol Egy Maulana Vikri. Hasil itu mengangkat anak asuh Shin Tae-yong ke peringkat dua Grup F pada putaran kedua penyisihan menuju turnamen di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dua tahun medatang.

Dengan raihan empat poin, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan unggul satu angka atas Vietnam. Sementara Irak berkuasa di puncak lewat koleksi

Media TheThao247 menyebut Pratama Arhan sedang sakit dan bakal absen di laga Vietnam vs Indonesia. Pemain Suwon FC itu tak hadir dalam sesi latihan skuad Garuda jelang laga melawan Vietnam di My Dinh National Stadium.

Timnas Indonesia dalam posisi baik pada persaingan Grup F. Jika sukses memetik angka di markas Vietnam, mereka berpeluang melangkah ke fase berikutnya pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan Vietnam vs Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2026 bisa disaksikan melalui live streaming. Dapatkan link pertandingan di artikel berikut.

Persiapan timnas Indonesia untuk duel di markas Vietnam kurang ideal. Marc Klok terkena cedera dan Sandy Walsh menjalani akumulasi kartu kuning. Sementara Ivar Jenner, Dimas Drajad, Nadeo Argawinata dan Pratama Arhan tak dapat tampil karena sakit dan ditinggal di Jakarta.

Pelatih Timnas Indonesia dan Vietnam merilis daftar 11 pemain pertama untuk laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh National Stadium. Thom Haye dan Ragnar Oeratmangun bakal melakoni debut bagi Tim Garuda.

Pecinta sepak bola Tanah Air juga layak memperhatikan laga lain Grup F yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium. Duel Filipina vs Irak dimulai pukul 18.00 WIB. Tim tamu sudah unggul 1-0 pada menit ke-11 berkat gol Aymen Hussein.

Pertandingan dimulai. Vietnam memakai seragam merah-merah dan Indonesia putih-putih. Alireza Faghani dari Iran bertindak sebagai wasit.

Indonesia mendapat sepak pojok di lima menit awal. Thom Haye mengambil dan menciptakan kemelut di depan gawang Vietnam. Tuan rumah membalas melalui tendangan Trieu Viet Hung yang masih bisa diantisipasi kiper Ernando Ari.

Selengkapnya Di Angkaraja 

Hokky Caraka melepas tembakan yang bisa ditangkap kiper. Indonesia kemudian memimpin lewat Jay Idzes yang meneruskan sepak pojok Thom Haye di menit ke-9.

Vietnam coba langsung membalas. Beruntung tandukan Nguyen Tien Linh tepat ke pelukan Ernando Ari.

Melalui serangan apik, Indonesia coba menerobos pertahanan Vietnam. Serangan Garuda gagal dan Vietnam melancarkan serangan balik. Jay Idzes berkorban dengan melakukan pelanggaran sehingga diganjar kartu kuning.

Gol. Indonesia mencetak angka kedua melalui Ragnar Oratmangoen. Melalui penetrasi di sisi kanan pertahanan Vietnam, dia melepas tembakan yang gagal diantisipasi penjaga gawang lawan di menit ke-23.

Vietnam menemukan lubang di pertahanan Indonesia. Beruntung eksekusi Nguyen Tien Linh masih melebar.

Untuk mengejar defisit, pelatih Vietnam Philippe Troussier memasukkan striker Nguyen Dinh Bac sebagai pengganti bek Vu Van Thanh.

Ernando Ari kembali melakukan penyelamatan. Kali ini dia mementahkan tendangan bebas Trieu Viet Hung.

Suasana memanas. Asnawi Mangkualam dan Bui Hoang Viet Anh diganjar kartu kuning. Indonesia kemudian mendapat tendangan bebas. Meski jarak terbilang jauh, Thom Haye tetap berusaha menembak. Eksekusinya jauh melenceng.

Vietnam terus mencoba di sisa waktu. Nguyen Hoang Duc mendapat kesempatan melepas tembakan, meski usahanya juga belum tepat sasaran.

Ada tambahan waktu dua menit, tapi skor tidak berubah. Hokky Caraka sempat mendapat kartu kuning sebelum babak pertama selesai.

Babak kedua dimulai. Vietnam memasukkan Le Pham Thanh Long sebagai pengganti Nguyen Thai Son. Sedangkan Indonesia menurunkan Egy Maulana Vikri dan Yakob Sayuri untuk mengisi posisi Asnawi Mangkualam dan Hokky Caraka. Di Manila, Irak tampil superior dengan mengalahkan tuan rumah Filipina 5-0.

Indonesia mendapat peluang memperbesar skor. Sayang umpan silang Nathan Tjoe-A-On gagal menemui rekan. Tidak lama berselang, Ernando Ari mengambil keputusan berbahaya keluar dari area untuk menghalau serangan Vietnam.

Selengkapnya Di Angkaraja 

Pergantian ganda bagi Vietnam. Pham Xuan Manh dan Nguyen Tien Linh keluar, diganti Ho Tan Tai dan Nguyen Van Toan.

Tendangan Bui Hoang Viet Anh melambung. Melalui serangan balik, Ragnar Oratmangoen gagal memaksimalkan peluang. Vietnam melakukan pergantian terakhir dengan memasukkan Vo Minh Trong menggantikan Trieu Viet Hung.

Vietnam terus mencoba memperkecil kedudukan. Namun, pertahanan solid dan lemahnya penyelesaian akhir membuat skor tidak berubah. Indonesia memasukkan Ramadhan Sananta menggantikan Witan Sulaeman.

Ragnar Oratmangoen kembali mendapat peluang. Sayang tendangan kaki kirinya dari sudut sempit melenceng. Laga tersisa 10 menit plus tambahan waktu.

Ho Tan Tai mendapat dua kesempatan beruntun. Tandukannya masih melambung, begitu pula tendangannya yang melenceng.

Pertandingan memasuki injury time. Ada tambahan waktu sembilan menit.

Indonesia menghabiskan jatah perubahan pemain. Edo Febriansyah menggantikan Nathan Tjoe-A-On. Ricky Kambuaya lalu mengisi posisi Ragnar Oratmangoen.

Dalam waktu singkat, Ricky Kambuaya gagal memaksimalkan serangan balik dan mendapat kartu kuning. Indonesia kemudian melengkapi kemenangan. Dari sepak pokok, tendangan Edo Febriansyah diblok lawan. Bola muntah ditanduk Egy Maulana Vikri dan mengenai tiang. Ramadhan Sananta lalu menyambar si kulit bundar untuk merobek gawang Vietnam di menit ke-90+8.

Tidak lama berselang wasit menyelesaikan pertandingan. Indonesia petik kemenangan penting di markas Vietnam.

Kemenangan atas Vietnam memperbesar peluang Indonesia melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong bahkan bisa tetap melaju walau kalah di dua laga terakhir Grup F.