Lawan Vietnam di Piala Asia 2023: Yakob Sayuri Optimistis Timnas Indonesia Bisa Akhiri Tren Negatif

Lawan Vietnam di Piala Asia 2023: Yakob Sayuri Optimistis Timnas Indonesia Bisa Akhiri Tren Negatif

Jakarta Pemain Timnas Indonesia Yakob Sayuri optimistis Skuad Garuda mampu mengakhiri tren negatif saat menghadapi Vietnam di laga kedua Piala Asia 2023 pada Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia saat ini tergabung dalam grup D AFC Asian Cup bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Anak-anak asuh Shin Tae-yong sebelumnya telah menelan hasil minor lantaran kalah 1-3 dari Irak, Senin (15/1/2024).

Pertandingan kontra Vietnam pun menjadi momen penting buat Timnas Indonesia apabila ingin menghidupkan asa tembus ke babak 16 besar.

Sayangnya, skuad Garuda punya catatan buruk saat menghadapi The Golden Star. Timnas Indonesia enam kali berturut-turut gagal menang saat bersua dengan Vietnam di berbagai ajang internasional.

Tim senior Merah Putih terakhir kali unggul atas The Golden Star pada Desember 2016, sementara pertemuan teranyar kedua tim di Piala AFF awal tahun lalu berakhir dengan 0-2 untuk keunggulan Vietnam.

Kendati begitu, pemain Timnas Indonesia Yakob Sayuri tetap optimstis dengan prospek skuadnya mengalahkan The Golden Star di laga kedua. Ia mengeklaim pasukan Garuda siap bekerja keras demi memaksimalkan peluang tembus ke fase 16 besar Piala Asia 2023.

“Kami semua bertekad akan berjuang keras demi kemenangan Indonesia melawan Vietnam. Kita akui di pertandingan terakhir kami sulit mengalahkan Vietnam. Tapi itu tahun lalu. Ini tahun barum tahun 2024 dan yang di belakang biar lah berlalu. Kini kami kembali berusaha dan di pertandingan berikutnya kami bisa menghasilkan yang terbaik,” ucapnya, dilansir dari situs resmi PSSI.

Incar Kemenangan Perdana

Seperti halnya Indonesia, Vietnam juga tengah mengincar kemenangan perdana di Piala Asia 2023. Skuad racikan Philippe Troussier gagal meraih poin kala turun dalam matchday pembuka grup D kontra Jepang beberapa waktu lalu.

Adapun The Golden Star sejatinya cukup mampu mengimbangi perlawanan Samurai Biru di awal pertandingan. Vietnam bahkan berbalik unggul 2-1 usai Pham Tuan Hai mencetak gol pada menit 33.

Sayangnya mendekati turun minum, Jepang berhasil mengambil alih dominasi. Gol kedua Takumi Minamino serta aksi Keito Nakamura mengantar mereka unggul 3-2 saat jeda. Sementara itu, gol pemungkas Ayase Ueda memastikan kemenangan Jepang atas Vietnam dengan 4-2.

Laga Berat Timnas Indonesia

Pertandingan kedua Timnas Indonesia melawan Vietnam tak ayal bakal menjadi laga berat untuk dilewati. Skuad Garuda harus mampu mengantisipasi The Golden Star yang punya ambisi tinggi memetik hasil positif.

Yakob Sayuri mengeklaim ia dan rekan-rekannya berada dalam kondisi bagus serta memiliki motivasi tinggi untuk menaklukkan Vietnam. Pemain PSM Makassar berharap pasukan Garuda mampu memetik hasil terbaik.

“Kondisi saya dan semua pemain saat ini bagus dan dalam semangat dan motivasi tinggi untuk meraih kemenangan perdana di Piala Asia 2023 ini. Kami juga mohon doa dan dukungan kepada seluruh suporter dan warga negara Indonesia baik yang menonton langsung di stadion atau melalui sarana lain agar kami bermain bagus dan tentu mencapai hasil terbaik,” ucapnya.

SELANJUTNYA : Data macau

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Berikut sisa jadwal Timnas Indonesia di fase penyisihan grup D Piala Asia 2023.

  • Jumat, 19 Januari 2024
    21.3 WIB – Vietnam vs Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa)
  • Rabu, 24 Januari 2024
    18:30 WIB – Jepang vs Indonesia (Stadion Al Thumama)