Jepang Lapar Gelar, Timnas Indonesia Perlu Kerja Keras di Piala Asia 2023

Jepang Lapar Gelar, Timnas Indonesia Perlu Kerja Keras di Piala Asia 2023

Jakarta Timnas Jepang tidak main-main saat menghadapi Piala Asia 2023. Samurai Biru masih lapar gelar meski sudah berulang kali berhasil memenangkan kejuaraan yang sudah berlangsung sejak 1956 tersebut.

Jepang pertama kali memenangkan Piala Asia pada tahun 1992. Prestasi yang sama kembali diukir Samurai Biru pada tahun 2000, 2004, dan 2011. Dengan koleksi 4 gelar, Jepang tercatat sebagai negara dengan jumlah trofi Piala Asia terbanyak mengalahkan Iran dan Arab Saudi yang mengemas 3 gelar.

Meski demikian, Jepang belum puas. Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, seperti dilansir dari japantimes bertekad untuk menambah koleksi Samurai Biru dengan memenangkan Piala Asia 2023, tahun ini.

“Saya sudah katakan, kami ingin memenangkan Piala Asia setelah menetapkan target jangka pendek dan menengah dengan Piala Dunia 2026 sebagai target jangka panjang,” ujar Moriyasu.

“Tidak ada lawan yang mudah, begitu juga dengan turnamennya. Karena itu, tidak ada yang berubah dari terakhir kali kami main hingga saat ini. Bedanya hanyalah, saya masih merasa frustrasi karena gagal meraih gelar pada turnamen terakhir dan juga keinginan untuk meraih hasil maksimal di Asia karena kami telah menetapkan target tinggi untuk menang di pentas dunia,” bebernya.

Moriyasu telah menukangi timnas Jepang sejak 2018 lalu. Kiprah pertamanya bersama Samurai Biru di Piala Asia pada tahun 2019 gagal berbuah trofi juara setelah di final kalah 1-3 melawan timnas Qatar.

Baca juga : 2 Kali Ditolak, Manchester United Masih Ngebet Kejar Bintang Piala Dunia 2022

Namun pria berusia 55 tahun itu membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar. Dia mengubah Samurai Biru menjadi pembunuh raksasa untuk kemudian memastikan timnya melaju hingga ke babak 16 besar.

Di babak penyisihan, grup Jepang berhasil mengalahkan Jerman 2-1 dan Spanyol 2-1. Jepang menjadi pemuncak grup meski sempat kalah 0-1 dari Costa Rica. Jepang kemudian terhenti di babak 16 besar setelah kalah adu penalti 1-3 dari Kroasia usai bermain imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu.

Timnas Jepang Berlimpah Talenta

Sementara itu, Moriyasu telah mengumumkan skuad yang akan dibawa ke Piala Asia 2023. Menariknya, hanya 14 pemain jebolan Piala Dunia 2022 yang bakal memperkuat Jepang di Qatar nanti.

Berlimpahnya talenta Samurai Biru membuat Moriyasi tidak ragu mencoret pemain yang tidak sesuai kebutuhan tim, termasuk Ao Tanaka yang ikut menggetarkan jala Spanyol di Piala Dunia 2022 lalu. Keputusan ini terbilang mengejutkan mengingat Tanaka juga ikut mencetak gol pada pertandingan uji coba melawan Thailand di New Japan International Stadium, 1 Januari lalu.

Selain Tanaka, Miroyasi juga tidak memboyong pemain Lazio, Daichi Kamada dan pemain Celtic, Kyogo Furuhashi. “Semakin banyak pemain yang tampil di level tinggi sehingga kami juga harus memilih di level tinggi di tengah persaingan ketat di antara para pemain,” kata Moriyasu.

“Saya percaya pergantian pemain ini menunjukkan banyak pemain Jepang yang mengembangkan kemampuan untuk bersaing di panggung dunia. Saya coba untuk melihat mereka senetral mungkin, dan saya dapat mengatakan bahwa kita memiliki banyak pemain bagus yang akan datang. …Kami memiliki sekumpulan anggota yang tidak tetap tetapi (yang masih) bisa bermain di level tinggi,” bebernya.

Jepang Hadapi Indonesia di Penyisihan Grup

Tekad Jepang memenangkan Piala Asia 2023 tentu menjadi sinyal bahaya bagi timnas Indonesia. Kedua negara seperti diketahui bakal bertemu di penyisihan grup D yang juga dihuni Irak dan Vietnam.

Timnas Jepang menjadi lawan terakhir Skuad Garuda di fase ini. Kedua tim dijadwalkan bertemu di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar pada 24 Januari 2024. Sebelum bertemu Samurai Biru, tim besutan Shin Tae-yong lebih dulu bersua timnas Irak (15/1) dan Vietnam (19/1).

Baik Jepang maupun timnas Indonesia, sama-sama sudah tiba di Doha, Qatar. Timnas Indonesia berangkat dengan kekuatan 27 pemain, termasuk dua pemain yang sudah dicoret yaitu Adam Alis dan Arkhan Fikri. Skuad inti rencananya baru diumumkan pada 10 Januari 2024 usai uji coba melawan Iran.

Meski begitu, Timnas Indonesia belum diperkuat lagi oleh Shayne Pattynama. Bek kiri atau kanan Timnas Indonesia ini belum pulang dari Belanda untuk mengunjungi kondisi ibunya.

Sebelumnya timnas Indonesia sudah melakoni pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 21 Desember lalu dan menjalani dua uji coba melawan Libya. Hasil uji coba Indonesia harus mengakui keunggulan Libya dengan skor 0-4 dan 1-2.

Selanjutnya : Pttogel

Skuad Garuda masih ada satu kali uji coba lagi melawan Iran pada Selasa (9/1/2024) mendatang di Doha. Ini menjadi uji coba terakhir Indonesia jelang terjung ke Piala Asia 2023.

Skuad Timnas Jepang di Piala Asia 2023:

  • GK
  1. 1 MAEKAWA Daiya (Vissel Kobe)
  2. 23 SUZUKI Zion (Sint-Truidense VV/Belgium)
  3. 12 NOZAWA Taishi Brandon (FC Tokyo)*
  • DF
  1. 3 TANIGUCHI Shogo (Al-Rayyan SC/Qatar)
  2. 4 ITAKURA Kou (Borussia MG/Germany)
  3. 24 WATANABE Tsuyoshi (KAA Gent/Belgium)
  4. 19 NAKAYAMA Yuta (Huddersfield Town AFC/England)
  5. 15 MACHIDA Koki (Royale Union Saint-Gilloise/Belgium)
  6. 16 MAIKUMA Seiya (Cerezo Osaka)
  7. 22 TOMIYASU Takehiro (Arsenal/England)
  8. 21 ITO Hiroki (VfB Stuttgart/Germany)
  9. 2 SUGAWARA Yukinari (AZ Alkmaar/Netherlands)
  • MF/FW
  1. 6 ENDO Wataru (Liverpool FC/England)
  2. 14 ITO Junya (Stade de Reims/France)
  3. 18 ASANO Takuma (VfL Bochum/Germany)
  4. 8 MINAMINO Takumi (AS Monaco/France)
  5. 5 MORITA Hidemasa (Sporting CP/Portugal)
  6. 7 MITOMA Kaoru (Brighton & Hove Albion FC/England)
  7. 25 MAEDA Daizen (Celtic FC/Scotland)
  8. 17 HATATE Reo (Celtic FC/Scotland)
  9. 10 DOAN Ritsu (SC Freiburg/Germany)
  10. 9 UEDA Ayase (Feyenoord/Netherlands)
  11. 13 NAKAMURA Keito (Stade de Reims/France)
  12. 26 SANO Kaishu (Kashima Antlers)
  13. 20 KUBO Takefusa (Real Sociedad/Spain)
  14. 11 HOSOYA Mao (Kashiwa Reysol)